Hai Lavs, kali ini kita akan membahas mengenai fase-fase menstruasi pada wanita. Saat kondisi yang normal, wanita akan mengalami menstruasi setiap bulannya. Dimulai dari masa pubertas hingga memasuki usia menopause. Setiap wanita pun memiliki siklus menstruasi yang berbeda-beda, ada yang lebih cepat ataupun lebih lambat. Hal ini bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor.

Menstruasi adalah pendarahan yang keluar dari Miss V. Disebabkan oleh peluruhan dinding rahim dan sel telur yang tidak dibuahi. Menstruasi ini terjadi karena tidak ada pembuahan yang menyebabkan peluruhan dinding rahim yang disertai pelepasan endometrium.

Fase-Fase Menstruasi pada Wanita Menurut dr. Reni Yonata :

fasefasemenstruasi

Fase menstruasi merupakan tahap pertama dari siklus menstruasi. Fase ini terjadi dari pertama kali menstruasi sampai hari ketujuh. Di fase ini hormon estrogen dan progesteron yang dimiliki wanita menurun. Ketika mengalami menstruasi, wanita dapat merasakan gejala-gejala seperti bad mood, lemas hingga perut nyeri. Nah Lavs, nyeri itu terjadi karena adanya kontraksi untuk membantu keluarkan darah haid.

    • Siklus menstruasi pada fase folikuler dimulai pada hari pertama haid sampai hari ke tigabelas. Pada fase ini, terdapat hormon FSH yang merangsang kematangan sel telur dan dinding rahim untuk membentuk jaringan pembulu darah. Komponen estrogen di fase ini mulai meningkat hingga menyebabkan mood lebih baik dari sebelumnya.
    • Fase ovulasi adalah proses ketika ovarium melepas sel telur yang matang. Fase ini biasanya terjadi di hari ke empatbelas menstruasi saat kadar ekstrogen tinggi. Ketika mengalami ovulasi, kita akan merasakan happy dan percaya diri.
    • Terakhir ada fase luteal nih Lavs, fase ini terjadi dari hari ke lima belas siklus menstruasi sampai sebelum menstruasi berikutnya. Pada fase keempat ini biasanya terjadi pembentukan hormon progesteron. Kalau pada masa ini tidak terjadi pembuhan, maka hormone progesteron biasanya akan menurun lagi dan menyebabkan peluruhan dinding rahim. Jadi kita kembali masuk ke siklus menstruasi berikutnya.

Itulah yang terjadi pada fase-fase menstruasi pada wanita. Saat kamu menstruasi bisa membersihkan area Miss V dengan Lavish Feminine Cleansing Wipes. Karena Lavish mengandung latic acid untuk membantu menyeimbangkan pH normal area kewanitaan. Jadi sangat cocok juga untuk menghindari keputihan pada wanita. Selalu sedia Lavish Feminine Cleansing Wipes ya, karena Lavish adalah sahabat terbaik area Miss V kita!

fasefasemenstruasi